SELAMAT DATANG DI JEMAAT SHEKINAH SAWOJAJAR KOTABUMI LAMPUNG UTARA , TUHAN YESUS MEMBERKATI ......

Zona aman dan nyaman

Mazmur 60 : 14, 108 : 14
" Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita." Perhatikan miktam Daud, kalimat yang sama diucapkan pada saat yang berbeda. Daud berkata demikian pasti karena pengalaman Daud bersama Tuhan. Yang melakukan perbuatan gagah perkasa bukan Allah sendiri, tetapi kita (umat Tuhan) bersama dengan Allah. Untuk melakukan perbuatan gagah perkasa bersama dengan Allah, tidak cukup hanya tinggal dalam Zona aman dan zona nyaman, artinya tidak hanya berhenti dengan mengucap syukur, tetapi ada sesuatu yang bisa di lakukan setelah itu. Saudara bisa baca biodata orang-orang hebat yang menemukan penemuan-penemuan baru yang luar biasa, mereka beberapa kali mengalami kegagalan. Tapi karena mereka gigih dan ulet, maka kegigihan itu menghasilkan sesuatu yang besar.

Yakobus 2 : 17 & 26 " Demikian dengan iman : jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati. Demikian juga dengan iman tanpa perbuatan adalah mati."  Jika mempelajari firman Tuhan, jangan setengah-setengah dan jangan ambil sedikit-sedikit, terus berhenti disitu saja. Misalnya ada sesuatu hal anda di ingatkan untuk mengucap syukur dan berdoa, jangan berhenti disitu saja, tapi anda harus mengerjakan firman lain yang tertulis dalam kitab Yakobus 2 ayat 17 dan 26 ini. Jadi teruslah membaca dan merenungkan firman Tuhan dengan benar bersama dengan Roh Kudus, maka Allah akan memberkati kita asal kita memiliki wadah yang baik. Allah juga melihat ketekunan kita dalam sesuatu pekerjaan. Kalau hanya percaya - percaya tanpa tindakan atau berbuat sesuatu, maka tidak akan terjadi apa-apa. Dan Yakobus 2 : 22, berkata" Kamu lihat bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan -perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna." Jadi manusia tidak boleh hanya sekedar puas dengan iman, tetapi harus ada kerjasama dengan perbuatan. hati-hati dengan sifat cepat puas diri, karena merasa cepat puas dengan apa yang engkau peroleh hari ini, membuat engkau  tidak akan melakukan perkara besar.

Contoh tokoh - tokoh Alkitab yang berani keluar dari zona aman dan berani mengambil resiko dari keputusannya untuk bertindak, yaitu :

  • PETRUS (Matius 14 : 22-31)

Yesus memerintahkan murid-murid-Nya menaiki perahu mendahului Dia keseberang. Yesus naik kebukit untuk berdoa. Ketika hari sudah malam prahu murid-murid Yesus di ombang-ambingkan gelombang karena angin sakal. Kira - kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan diatas air. Melihat itu  semua murid Yesus ketakutan dan mengira Yesus hantu, dan Yesus berkata : " Tenanglah!Aku ini, jangan takut!" mendengar perkataan Yesus, Petrus berseru seperti dalam ayat 28. "   Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air."  Adakah pemikiran seperti Petrus dari murid-murid yang lain? Petrus dengan penuh keyakinan bertindak untuk keluar dari perahu seperti yang diperintahkan  Yesus dan Petrus dapat berjalan diatas air. Petrus tidak tinggal dalam zona nyaman, tetap tenang dalam perahunya seperti murid Yesus yang lain, tetapi ia mau bertindak, oleh karena itu Petrus melihat mukjizat terjadi dalam hidupnya. Jika Petrus tidak keluar dari perahu, maka Petrus tidak kan melihat mukjizat terjadi, kalau ia ketakutan terjadi sesuatu, maka ia tidak akan bertindak. Demikian juga dengan hidup kita. kita harus meninggalkan zona aman dan nyaman dan jangan pernah takut gagal ketika ingin melakukan segala sesuatu. Tetapi ketika engkau telah melewati dan keluar dari keterpurukanmu, itu bukan karena kekuatan dan kegagahanmu, tetapi karena Tuhan. Mazmur 37 : 23-24 " Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; Apabila ia jatuh, tidak sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya."  Orang yang hidupnya berkenan dihadapan Tuhan, bukan berarti tidak akan pernah jatuh, tetapi jika ia jatuh, Tuahn akan menopang tangannyadan tidak akan jatuh sampai tergeletak. Ketika Petrus berjalan diatas air, dan ia mulai takut, Petrus pun tenggelam, tetapi Yesus mengulurkan tangan-Nya. Jadi ketika sudah berjalan dengan Yesus jangan lagi tidak percaya dan bimbang. Jika langkahmu berhasil jangan engkau menjadi sombong. Libatkan Tuhan selalu dalam semua yang engkau kerjakan. Supaya ketika meraih keberhasilan engkau tetap berjalan dalam terang firman Tuhan.

  • ABRAHAM (Kejadian 12 : 1-2, 13 : 1-4)
Tuhan berfirman kepada Abram " pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah Bapamu ke negeri yang akan Ku tunjukan kepadamu. Aku kan menjadikan engkau bangsa yang besar dan memberkati engkau  serta membuat namamu masyur; dan engkau akan menjadi berkat...... " Abram bukan orang yang miskin, Ia anak Terah yang kaya. Ketika Tuhan berfirman demikian kepada Abram, Abram berani mengambil keputusan keluar dari zona aman dan zona nyaman yang selama ini di nikmatinya. Abram pada waktu masih seorang penyembah berhala. Apa yang di firmankan  Tuhan baru dalam bentuk suara, tapi Abram percaya. Meskipun orang tua Abram kaya, tetapi Allah tidak memberkati engkau melalui orang tuamu yang kaya raya, karena Allah punya cara sendiri untuk memberkati. Yesaya 45 : 3 " Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu bahwa Akulah Tuhan, Allah Israel, yang menggil engkau dengan namamu." Ada sesuatu yang besar disediakan Tuhan bagi mereka yang mau berbuat sesuatu. Yesaya 60 : 5 " pada waktu itu egkau akan heran melihat dan bersei-seri, engkau akan tercengang dan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu,dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu." Jika engkau memiliki usaha, jangan kuatir dengan kanan kirimu yang ada sebagai saingan.  Ingat 1 Petrus 3 : 9, hendaklah kita saling memberkati, karena kita dipanggil untuk memperoleh berkat Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Khotbah  Gembala : Pdt. Semmy R.Yonatan   



0 comments:

Posting Komentar