SELAMAT DATANG DI JEMAAT SHEKINAH SAWOJAJAR KOTABUMI LAMPUNG UTARA , TUHAN YESUS MEMBERKATI ......

PASKAH

(KEL 12 : 5 – 8, 12 - 14)

Kata PASKAH berasal dari kata pass over yang berarti dilewati . Kata dilewati dalam paskah ini dikisahkan dalam KELUARAN 12. Ketika Allah mengutus Musa & Harun untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, Allah memerintahkan agar tiap-tiap keluarga mengambil seekor anak domba. Anak domba itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun, & harus dikurung selama 14 hari & pada waktu senja harus disembelih. Kemudian dari darahnya diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas pada setiap rumah. Dagingnya harus dipanggang, dimakan malam itu juga beserta roti tidak beragi dan sayur pahit. Semua dagingnya tidak boleh ada yang tinggal sampai pagi, apa yang tinggal sampai pagi harus dibakar habis dengan api. Dan setiap orang yang memakannya haruslah pinggangnya berikat, kasut pada kaki, & tongkat di tangan.

Sebab malam itu Tuhan Allah akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung dari anak manusia & binatang akan dibunuh-Nya. Allah akan menghukum semua allah di Mesir. Tetapi jika ada darah yang menjadi tanda seperti yang diperintahkan-Nya, maka Allah akan melewatkannya dan tidak akan ada tulah kemusnahan bagi setiap rumah yang memiliki tanda darah itu. (KEL 12 : 1 – 14). Setiap bangsa campuran atau bangsa asing yang melakukan perintah Tuhan yang telah difirmankan, maka mereka juga akan terluput dari hukuman. Paskah adalah satu bentuk kasih Tuhan yang Ia kerjakan dalam hidup kita. Dimana seharusnya kita yang harus menanggung hukuman itu, tetapi karena ada darah, maka Allah melewatkan tulah kemusnahan itu. Mengapa akan keluar Mesir saja sepertinya bangsa Israel harus bersusah-susah melakukan ini dan itu? Semua itu difirmankan Allah untuk melihat & menunjukkan ketaatan & ketundukan mereka terhadap firman Tuhan.

Paskah harus diperingati dan diajarkan turun temurun untuk selama-lamanya. Dan Yesus adalah Anak Domba Paskah yang Allah berikan bagi saya & Saudara, siapa yang memiliki tanda darah Yesus artinya percaya darah Yesus, hidup dalam ketaatan dalam melakukan firman, maka murka Allah tidak akan menimpa saya & Saudara. Yesus adalah Anak Domba Paskah yang sempurna, darah-Nya tercurah untuk menebus dosa kita. Keselamatan itu harus dikerjakan. Jika engkau percaya Yesus hanya ikut-ikutan, maka di tengah jalan akan banyak persungutan.

Paskah membawa kita kepada kemenangan, karena Yesus adalah Gembala yang baik. (YOH 10 : 11 – 18). Yesus mencurahkan darah-Nya sebagai tebusan atas dosa manusia, semua atas kehendak-Nya sendiri. Tak ada seorang pun yang  dapat mengambil nyawa Yesus, tetapi Ia memberikannya menurut kehendak-Nya sendiri. Yesus berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya sebagai bentuk ketaatan kepada Bapa. Kebangkitan Yesus membawa hidup kita sebagai ciptaan yang baru asalkan kita memegang tegung firman Tuhan, taat penuh, maka bukan hanya kemuliaan Allah yang Tuhan berikan, tetapi berkat, otoritas, & wibawa ilahi akan Allah berikan.

Yesus telah mengerjakan tugas dari Bapa dengan baik & sempurna. Sekarang bagaimana dengan kita? Yesus berkata bahwa Dia adalah terang dunia. Sekarang setelah Yesus tidak ada di dunia ini, melalui Roh Kudus-Nya kitalah yang harus menjadi terang dunia. Mulai hari ini hidupilah kebenaran firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. AMIN

Ringkasan Khotbah Gembala : Pdt. Semmy R. Yonathan. 



0 comments:

Posting Komentar